Skip to main content

Khasiat Kulit Kayu Manis Ceylon Yang Perlu Anda Ketahui

Semua jenis kayu manis ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dan khasiat yang sama tidak jauh beda satu sama lain. Penggunaan kayu manis pada jaman dahulu digunakan sebagai obat atau ramuan berbagai penyakit, selain itu kayu manis juga memiliki fungsi sebagai penyedap rasa baik makanan ataupun minuman. Sebenarnya, kayu manis sudah lama dikenal sejak abad pertengahan sebagai salah satu rempah yang diperdagangkan di Eropa. Berbagai negara yang menghasilkan kayu manis Ceylon pertama kali adalah negara Sri Lanka, Madagaskar, Karibia dan masih banyak lagi. Sedangkan jenis kayu manis cassia pertama kali di perkenalkan oleh negara Cina, Vietnam dan Indonesia.
Walaupun kayu manis memiliki jenis yang berbeda-beda akan tetapi memiliki manfaat dan khasiatnya sama. Kayu manis Ceylon mungkin yang biasa digunakan oleh berbagai orang di dunia karena cara mendapatkannya yang mudah dibanding jenis lainnya, kulit kayu manis Ceylon juga memiliki fungsi yang sama dengan jenis kayu manis lainnya antara lain:
  1. Untuk menurunkan berat badan
Mungkin kita tidak pernah terbesit dalam pikiran kita bahwa kayu manis ceylon ternyata mampu menurunkan berat badan. Kayu manis adalah salah satu rempah yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal biasanya kayu manis dicampur dengan madu mampu menurunkan berat badan secara efektif. Caranya mudah, dengan mengkombinasikan kulit kayu manis ke dalam satu gelas air hangat yang telah dicampur madu, anda bisa menikmatinya sebagai menu diet efektif sehari-sehari dan aman. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksmial maka lakukanlah setiap hari dua kali sehari dan diimbangi dengan konsumsi makanan sehat bergizi serta olahraga.
  1. Untuk penyedap makanan
Fungsi utama kayu manis yang sering digunakan saat ini adalah sebagai penyedap rasa pada makanan atau minuman. Banyak kita temui kayu manis sebagai bumbu dapur untuk penyedap berbagai macam makanan seperti soto, kari, kue bolu dan lain sebagainya. Aroma kayu manis memang sangat menggoda dan mempertajam rasa pada makanan, sehingga makanan menjadi terasa lengkap dan lezat jika ditambahkan dengan kayu manis tersebut.
  1. Untuk pengobatan
Khasiat lain dari kayu manis ceylon adalah sebagai pengobatan atau treatmen. Kayu manis memang sudah dikenal sejak jaman Pertengahan dimana pada waktu itu banyak orang Mesir kuno yang memanfaatkan kayu manis sebagai pengobatan berbagai penyakit. Kandungan minyak essential pada kayu manis sangat efektif digunakan sebagai aromaterapi atau pembalseman.
  1. Menurunkan kolestrol darah dan trigliserida
Kayu manis juga diyakini mampu menurunkan kolestrol serta tringilserida. Terdapat penelitian dimana kayu manis mampu menurunkan 27% kadar total dan kolestrol jahat.
  1. Mengontrol gula darah
Kayu manis ceylon juga bisa digunakan untuk membantu mengontrol gula dara dalam tubuh agar lebih efektif dan mencegah terjadinya peralihan gula ke lemak. Kayu manis ini meman sangat efektif ntuk meningkatkan metabolism glukosa pada darah, sehingga diyakini kayu manis mampu mengurangi gula darah tinggi dalam tubuh.
  1. Digunakan sebagai bahan makanan
Kayu manis ceylon juga digunakan sebagai bahan makanan yang seperti pembuatan roti, seral atau oatmeal. Biasanya kaya manis Ceylon digunakan sebagai pemanis rasa karena jenis kayu manis tersebut memiliki rasa manis dibandingkan yang lain. Akan tetapi biasanya penggunaanya sedikit dibatasi karena untuk menghindari berbagai resiko yang terjadi jika terlalu banyak.
  1. Meningkatkan kesehatan jantung
Kayu manis ceylon juga diyakini mampu mengurangi lipid, dimana studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kayu manis 6 gram setiap hari mampu mengurangi serum glukosa, kolestrol, trigilserida, dll. Sehingga bisa diyakini menjaga kesehatan jantung pada tubuh.
  1. Menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan
Kayu manis ceylon juga sangat efektif digunakan sebagai bahan makanan karena kayu manis mampu menghambat pertumbuhan bakteri serta mampu mengurangi pembusukan pada makanan. Sehingga, kayu manis bisa digunakan sebagai pengawat makanan alami yang tidak memiliki resiko berbahaya untuk tubuh.
  1. Menghilangkan bau mulut
Kayu manis ceylon juga berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri atau kuman di mulut, sehingga kayu manis bisa dijadikan obat alami penghilang bau mulut secara efektif karena memiliki zat cinnaldehye.
Khasiat kayu manis ceylon memang sangat dahsyat jika kita menyadarinya, karena banyak orang yang hanya mengetahui kayu manis sebagai bahan penyedap makanan saja, padahal kayu manis memberikan berbagai macam khasiat yang bisa digunakan secara mudah. Selain itu, untuk mendapatkan kayu manis pun tidak sulit, karena banyak penjual sayur, bumbu dapur, di pasar kita bisa temui dengan mudah mereka juga menjajakan kayu manis yang bisa kita beli kapan saja. Kayu manis memang tidak terlalu sulit didapat, akan tetapi kebanyakan orang memang tidak menyadarinya akan khasiatnya tersebut. Bahkan tidak banyak juga yang tahu perbedaan setiap jenis kayu manis tersebut.
Mungkin sekarang kita baru menyadari, ternyata kayu manis memiliki banyak khasiat yang dahsyat yang tidak hanya berfungsi sebagai penyedap rasa makanan. Oleh sebab itu, kita bisa mengandalkan kayu manis untuk digunakan sebagai pengobatan, diet, dll. Selain itu, kita bisa memberikan informasi kepada kerabat atau yang lainnya, untuk menfungsikan kayu manis yang tidak hanya bisa digunakan sebagai penyedap rasa saja. Karena salah satu rempah ini ternyata sudah sangat terkenal sejak era Pertengahan sebagai obat, penyedap dll, ternyata kayu manis multi fungsi alami dan mudah di dapatkan.
Beberapa khasiat dan manfaat kulit kayu manis ceylon diatas mungkin bisa kita gunakan sebagai refensi menarik untuk menfungsikan kayu manis secara efekftif, selain itu kita juga mengetahui berbagai macam jenis kayu manis yang bisa kita gunakan tergantung rasa dan teksturnya. Di Indonesia sendiri kita juga sudah mulai banyak menemui kayu manis di berbagai daerah yang sebagai penghasil kayu manis, sehingga tidak perlu mencari jauh-jauh jika ingin mendapatkan kayu manis. Anda bisa gunakan sedikit saja, akan tetapi khasiatnya luar biasa.

Comments

Popular posts from this blog

Buah Pelaga

Assalamualaikum dan salam sejahtera, Buah pelaga antara rempah ratus paling tua di dunia. Buah pelaga juga dikenali dengan nama botaninya elettaria cardamomum. Ia merupakan tumbuhan semulajadi di timur dan berasal dari dalam hutan di selatan India. Ia tumbuh secara meliar. Kini, buah pelaga turut ditemui di Sri Lanka, Guatemala, Indo China dan Tanzania. Ðikenali juga dengan nama kapulaga (Indonesia), chhoti elachi (India), ts’ao-k ou (Cina), elam (Tamil), dan grawahn (Thai), buah pelaga memang banyak kegunaannya sejak daripada zaman dahulu. Orang Mesir kuno dikatakan telah mengunyah biji buah pelaga sebagai  pencuci gigi , manakala orang Greek dan Roman menggunakannya sebagai  minyak wangi . Orang Viking pula dikatakan telah berjumpa dengan buah pelaga ini kira-kira seribu tahun lalu di Constantinople, kemudian telah memperkenalkannya ke Scandinavia, tempat di mana buah pelaga kekal popular sehingga kini. Buah pelaga merupakan rempah yang kedua mahal selepas  saffron . Terdapat b

Mengenal Perbedaan Kayu Manis Ceylon dengan Jenis Kayu Manis yang Lain

Apakah anda sedang mencari tahu tentang salah satu rempah yang saat ini punya khasiat ajaib untuk kesehatan dan kecantikan? Jika jawabannya iya, maka kayu manis Ceylon adalah rempah yang anda cari. Jenis rempah beraroma khas nan harum ini tidak hanya enak saat dijadikan bahan masakan, sudah berabad-abad kayu ini membuktikan manfaatnya sebagai obat herbal yang mujarab untuk mengusir berbagi macam penyakit. Mungkin anda sudah mengetahui sedikit banyak mengenai manfaat apa saja yang ditawarkan kayu yang tumbuh di Asia ini. Masalahnya, tahukah anda bahwa kayu manis memiliki berbagai jenis. Masing-masing tentu memiliki khasiat berbeda. Ini berarti anda harus jeli dalam membeli kayu manis. Tidak boleh sembarang mengatakan “saya ingin membeli kayu manis.” Ada kemungkinan kayu manis ceylon yang anda maksudkan berbeda dengan yang diberikan oleh penjual. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, akan sangat baik jika anda mengenal betul ciri-ciri kayu manis ceylon. Pengenalan yang dalam

Tahi Angin

Assalamualaikum dan selamat malam semua. Pada malam ini saya akan menyentuh mengenai topik herba tahi angin. Mesti anda semua pelik kan? Macam mana lah rupanya tahi angin ni? Kalau kebiasaannya kita selalu mendengar tentang tahi bintang...hehehe jangan salah faham ye sahabat sahabat di luar sana, Dia bukan spesis yang sama. Tumbuhan ini bukan akar, adalah nama tumbuhan yang bentuknya menyerupai akar. Bentuk yang unik menjadikan tumbuhan ini menjadi impian bagi pencinta taman dalam menghias rumah mereka. Ternyata bukan sahaja baik untuk digunakan sebagai tumbuhan hidup, ia juga boleh menjadi bahan herba semulajadi yang dapat mencegah dan mengatasi penyakit-penyakit di dalam tubuh anda. Maka apakah sebatian yang terkandung dalam akar ini? Akar angin mengandungi vitamin C, lycin, asid barbatin, asid usnetin, hidrat arang, asid barbotolat, asid unseat, dan banyak lagi. Setiap sebatian ini mempunyai sifat sendiri untuk badan anda. Sekiranya anda menggunakan akar ini sebagai ubat, tubuh anda